pengikut

Home » , » Cara Flash HP Nokia (USB)

Cara Flash HP Nokia (USB)


Sejalan dengan usia atau karena banyaknya kejadian yang membuat perangkat harus di install ulang. Layaknya komputer atau laptop terutama pengguna windows jika terjadi problem yang cukup berat atau terkena virus seperti sality/trojan langkah terakhir dan yang biasanya paling ampuh adalah dengan install ulang.
Sama halnya dengan komputer, HP pun demikian, tidak sedikit yang mengalami masalah baik itu HP menjadi lambat atau peringatan seperti “memory not enough” dan masih banyak kendala lagi seperti hilangnya file – file bawaan pabrik sampai yang paling parah adalah hang. cara mengatasi pada HP tersebut adalah dengan FLASH.
Flash merupakan suatu kegiatan untuk menghapus file system dan memasang dengan file system yang baru. dalam file system tersebut juga terdapat firmware yang dapat dijadikan ciri apakah software yang dipakai versi baru atau lama. Jiak kita mem-FLASH sebaiknya menggunakan firmware yang setara versinya atau diatasnya bisa jadi lebih baik. tapi jika mem-FLASH dengan versi dibawahnya atau biasa disebut DOWNGRADE memiliki resiko yang fatal, HP bisa mati total.
Ada beberapa cara melakukang flasing HP tanpa box flaser, yang pertama adalah Flasing HP Menggunakan Software Phoenix, kemudian cara selanjutnya adalah Flashing HP menggunakan software JAF
Setelah sedikit penjelasan tersebut langsung saja masuk ke Tutorial FLASH HP NOKIA. Oke disini tidak menggunakan box yang harganya mahal, tapi menggunakan Software JAF.
Oke langsung saja yang perlu dipersiapkan(dalam tutorial kali ini saya menggunakan HP Nokia 5130 Xpressmusic) adalah :
  1. Navifirm
    software yang digunakan untuk mendownload Firmwareflash HP
  2. Software JAF
    software yang digunakan untuk mem
  3. Emulator  OGM JAF PKEY EMULATOR v3
    Sofware untuk proteksi JAF, Fungsi dari P-Key JAF ini adalah untuk membuka dan menjalankan software JAF original
  4. jaf_nok4models.ini
    merupakan file pada JAF yang telah dimodifikasi agar mendukung flash menggunakan USB
  5. HP yang akan di Flash + Kabel data
  6. Nokia PC Suite(dalam tutorial ini diasumsikan PS Suite telah di install)
    Agar mempermudah JAF mendeteksi HP
Langkah pertama adalah Download firmware
  1. Jalankan Navifirm.exe
  2. Pada Product : piliah tipe HP yang digunakan. Relase : pilih versi firmware yang akan dipasang Variant : pilih yang terdapat indonesia, kemudian cheklist semua dengan menekan tombol All
  3. Kemudian Klik Download from FiRe
  4. Pilih tempat untuk menyimpan
  5. Simpan dalam satu folder dengan nama dengan Variantnya (contoh untuk 5130 XM –> RM-495)
  6. Tunggu hingga download selesai
Langkah kedua adalah menginstall JAF
  1. (jika anda menggunakan OS windows XP lewati langkah ini). Sebelum menginstall jika OS yang digunakan merupakan windows 7 (atau vista keatas) silahkan lakukan pengaturan compatible pada JAF_setup.exe agar compatible setara dengan windows XP. Caranya klik kanan file JAF_setup.exe pilih properties –> masuk tab compability –> cheklist pada Run this program in compability mode for : Windows XP (Services Pack 3)

    compability
  2. Klik Apply kemudian OK
  3. Kemudian install program seperti biasa
  4. Setelah selesai masuk kedalam direktori C:\Program Files\ODEON\JAF
  5. Copy dan replace file jaf_nok4models.ini dengan file jaf_nok4models.ini yang telah didownload
  6. Pada langkah ini langsung hubungkan HP dengan komputer. PERHATIAN : backup semua data dalam HP, lepas kartu memory external,
  7. Sebelum dihubungkan HP dinonaktifkan, setelah terhubung dengan Komputer tekan tombol power sekali.(jangan sampai nyala, hanya menekan tombol power sekali yang fungsinya agar komputer dapat mendeteksi adanya hardware)
Langkah ketiga menggunakan OGM JAF PKEY Emulator
  1. Sebelum menggunakan OGM JAF PKEY, copy kan Folder Firmware yang telah di donwload tadi pada derektori C:\Program Files\Nokia\Phoenix\products\RM-495jika tidak ada direktori tersebut maka buat dengan nama sesuai dengan nama direktory tersebut. nama RM-495 disesuaikan dengan fiemware hp yang akan di flash
  2. Setelah direktori tersebut ada, jalankan prorgam OGM_JAF_PKEY_Emulator_v3.exe, tapi untuk yang menggunakan windows 7 lakukan compatibility dengan cara klik kanan program –> pilih properties –> tab compatibility –> cek list pada  Run this program in compability mode for : Windows XP (Services Pack 3) –> cheklist pada Run this program as an administrator
  3. Setelahh setingan compatibility selesai jalankan program OGM_JAF_PKEY_Emulator, lakuakn setingan : Pada STEP 1 –> cheklist Random PKEY Raskal SN, pada STEP 2 –> cheklistJAF(main)
    Pkey
  4. Klik GO
  5. JAF akan Terbuka , anda akan menemui pesan error (Error: BOX DRIVER NOT INSTALLED), klik OK Saja.
  6. Minimize Emulator, jangan ditutup. (Aplikasi JAF tidak dapat berjalan tanpa Emulator)
Langkah keempat adalah melakukan konfigurasi flash
  1. Setelah masuk aplikasi JAF maka masuk pada tab BB5
  2. Lakukan Cheklist pada Manual FlashDead USBNormal Mode dan Use INI
  3. Hilangkan cheklist pada CRT 308
  4. Tunggu sebentar, akan terbuka jendela kecil. Pada dialog Select Phone Model, silahkan pilih tipe Handphone anda, Misalnya RM-495 Nokia 5130 (sesuaikan dengan Type HP) . Jika sudah, klik OK.
    select phone
  5. Selah itu pada Phone Mode (ada pada bagian kanan) pilih –> NORMAL, tunggu sebentar sampai tulisan Normal muncul.

    tombol flash
  6. Setelah itu klik tombol FLASH untuk memulai proses flasing
  7. Jika muncul peringatan seperti berikut klik Yes saja

    Peringatan
  8. Selanjutnya tekan tombol power pada ponsel sekali saja, cukup tekan tidak perlu ditahan. JAF akan memulai pencarian ponsel, jika perangkat ditemukan akan muncul tulisan FOUND di JAF, tapi jika munculNOT FOUND, ulangi dengan menakan tombol FLASH pastikan pada saat JAF searching tekantombol power sekali sampai PC terdengar bunyi hardware masuk, jika masih muncul NOT FOUND ulangi langkah dari awal lagi.
  9. Tunggu proses berjalan.
    • Jika ada pesan yang muncul, OK, jika tidak HP anda akan restart dengan sendirinya setelah selesai.(jika selesai dan berhasil ditandai dengan muncul tulisan Done pada JAF)
    • Sekarang HP anda sudah diflashing, cabut dari kabel data ,silahkan setting waktunya.
UPDATE
Dari beberapa keluhan yang saya dapatkan di comment akhirnya saya mencoba untuk mempraktekannya lagi, dan ternyata benar untuk mendownload firmware dari server nokia TIDAK BISA dilakukan  lagi menggunakan software Navifirm hal ini dikarenakan Nokia TELAH MENUTUP akses tanpa otorasi ke server firmware nokia. Akibatnya update manual melalui PHOENIX dan JAF pun akan sulit dilakukan.
Namun untuk waktu ini masih ada lagi situs yang menyediakan firmware nokia yaitu bisa dilihatdisini.
Untuk mendownload langkahnya :
  1. Pilih Tipe Firmware HP
  2. Pilih Tipe Versi Firmware
  3. Pilih Tipe Versinya
  4. Download semua file yang ada (misal untuk Nokia 5130 XM terdapat file dengan eksistensi *.vpl , *.dcp, *.mcusw , *.ppm S dan file lainnya)
  5. Masukkan semua file dalam satu folder kemudian beri nama folder sesuai dengan Product Tipe HP (misal untuk Nokia 5130 XM foldernya diberi nama : RM-495)
Berikut disediakan link download

0 komentar: