Jika selama ini anda menjadi konsumen blog alias penikmat dan pembaca blog, sepertinya anda akan setuju jika saya mengatakan semua orang bisa membuat blog, termasuk anda. Entah itu blog wordpress, blogspot, dan masih banyak lagi.
Blog tak hanya menjadi ajang aktualisasi diri, lebih dari ini dapat digunakan sebagai ajang mencari penghasilan. Membuat blog wordpress bisa menjadi alternatif bagi anda yang tidak ingin mengeluarkan modal untuk membuat blog. Ya, anda bisa memiliki blog wordpres hanya dengan $0. Pada bahasan kali ini akan dijelaskan secara detai bagaimana membuat blog wordpress. Modal yang perlu dipersiapkan dalam membuat blog di wordpress hanyalah email, tentunya email anda yang masih aktif.
Langkah pertama, buka di www.wodrpress.com maka akan muncul jendela berikut.
Wordpress Com Interface

Lihat di bagian kiri tengah, pada lingkaran merah tertulis “sign up now”, pilih menu tersebut untuk mendaftarblog wordpress. Hingga muncul jendela berikut.
Pendaftaran WordPress
Setelah muncul jendela tersebut isi kolom-kolom yang terdiri dari:
  • Blog address
Tuliskan nama/alamat blog yang anda kehendaki sebagai alamat blog anda. Misal jika anda ingin memiliki alamat blog absoluteandfresh.wordpress.com maka nama blog yang anda tuliskan hanya “absoluteandfresh” saja. Jika nama tersebut sudah dipakai maka akan muncul tulisan peringatan seperti “sory, that site already exist”, jika demikian anda harus mengganti alamat blog anda hingga tidak muncul peringatan tersebut dan diberikan tanda contreng di samping kanan kolom.
  • Username
Masukkan username yang nantinya digunakan untuk login blog wordpress.
  • Pasword and confirm pasword
Pada dua kolom tersebut masukkan pasword lalu diikuti confirm pasword untuk memastikan pasword yang anda masukkan benar.
  • Email
Masukkan email anda dengan benar karena konfirmasi pendaftaran blog wordpress akan dilakukan lewat email.
  • Sign Up
Klik menu ”Sign Up” maka wordpress akan segera mengirim permintaan konfirmasi ke email anda. Lakukan langkah yang diminta lewat email tersebut. Jika sudah maka anda pun bisa menggunakan username dan pasword untuk login blog wordpress. Untuk login tinggal masuk ke halam utama wordpress atau buka diwww.wordpress.com maka akan muncul jendela berikut.
Wordpress Login
Masukkan username dan pasword yang diisikan saat pendaftaran lalu pilih menu login. Tunggu hingga proses login selesai, dan anda sudah bisa menggunakan blog worpress untuk beraktualisasi diri atau bahkan mencari uang. Selamat mencoba